Gejala mobil jika ada masalah dalam mesin atau transmisi dll

jika mobil anda bermasalah dalam jalan ,jika jalan mobil anda km meter naik rpm naik tinggi ,dan bunyi dibangian mesin itu bermasalah dibagian transmisi nya

gejalan mesin ada rusak  berakibat fatal ada 5 penyebabnya :
1.timing belt
Fungsi timing belt adalah sebagai penyelaras putaran kruk as dan katup sehingga keduanya tidak berbenturan. Jadi akan fatal akibatnya bila belt yang menghubungkan kedua mekanisme ini putus secara tiba-tiba. Kerusakan komponen-komponen penting jelas tak terelakkan lantaran piston akan menumbuk katup yang berada dalam posisi membuka

2.knocking 

3.water hammer

4.Overheat

Bila mesin beroperasi melebihi batas suhu kerjanya, sudah pasti kerusakan komponen akan terjadi. Tapi pada mesin modern, komputer akan secara otomatis melindungi mesin dengan cara menon-aktifkan mesin secara bertahap. Seperti memberhentikan kerja kompresor AC, lalu berlanjut ke mode aman (safe mode) hingga saatnya mesin akan dihentikan secara total.

5. kebocoran oli 

bocornya pelumas sudah pasti menyebabkan kerusakan parah dan fatal akibatnya. Menurunnya jumlah oli mesin secara drastis akan menyebabkan friksi pada komponen bergerak akan meningkat sehingga berdampak pada peningkatan suhu mesin (overheat) dan kehausan luar biasa.

Salah satu penyebab adalah kerusakan baut penutup lubang pembuangan oli yang terletak di bawah mesin akibat terkena benturan di jalan. Memang hal ini jarang terjadi, tapi Anda perlu mencermati indikasi berupa lampu indikator oli di dasbor yang menyala akibat pompa oli kehilangan tekanan. Penyebab lain adalah kebocoran pada sil-sil di mesin, meski kerusakan semacam ini tidak menyebabkan penurunan jumlah oli secara drastis, namun bertahap.

No Comments Yet.

Leave a Reply